Home » » Cara Mengembalikan Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Cara Mengembalikan Blogspot.co.id Menjadi Blogspot.com

Adanya penggantian .com menjadi .co.id ini sebenarnya bukan hal yang baru, cuman untuk para blogger di Indonesia hal ini termasuk baru karena memang penggantian dari .com menjadi .co.id ini masih baru-baru ini diterapkan di Indonesia.


Kenapa Blogspot.com berubah menjadi Blogspot.co.id? 
Blogger Merubah Domain Blogspot.com Spesifik Domain (TDLc) untuk Setiap Negara Ada beberapa info yang menyatakan, Blogger (blogspot) akan merubah sub domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id pada tahun 2012 lalu, tapi gak jadi. Sempet ada kabar juga sekitar Maret tahun 2013 lalu, katanya Blogger akan mengubah domain blogspot.com menjadi spesifik domain (TDLc) untuk setiap negara. Karna Blogger udah melakukan perubahan domain spesifik pada beberapa negara. Contohnya beberapa negara di bawah ini:
» Argentina: contoh.blogspot.com.ar 
» Australia: contoh.blogspot.com.au 
» Brazil: contoh.blogspot.com.br 
» India: Contoh.blogspot.in 
» Itali: contoh.blogspot.it 
» Jepang: contoh.blogspot.jp 
» Jerman: contoh.blogspot.de 
» New Zealand: contoh.blogspot.co.nz 
» Perancis: contoh.blogspot.fr 
» Spanyol: contoh.blogspot.com.es 
» United Kingdom: contoh.blogspot.co.uk 
» Dll. 

Dan akhirnya hari ini, Kamis 3 September 2015 (entah dari jam berapa), Indonesia kebagian juga dengan update Blogger ini. Blogspot.com berubah jadi Blogspot.co.id..
Kenapa Blogspot.com Berubah Ke Blogspot.co.id.


Kemungkinan salah satu tujuan Google melakukan pengalihan domain spesifik untuk setiap negara adalah untuk mengantisipasi hukum IT yang berlaku di setiap negara. Dengan kata lain, seandainya blog yang anda buat melanggar hukum di suatu negara, maka blogspot blog anda tidak dapat diakses atau dihapus dari negara tersebut, namun masih bisa dibuka di negara lain. Saat ini negara-negara di Eropa telah menerapkan kebijakan pemberitahuan penggunaan cookie pada setiap situs.

Tentu ada alasan mengapa .com perlu dipertahankan dan dihindarkan dari penggantian alamatnya mengikuti .co.id. Karena ternyata dengan adanya penggantian ini bisa menimbulkan beberapa hal yang membuat blogger merinding galau, diantaranya:
  1. Karena alamatnya beda, maka like di facebookgoogle plus, tweet di twitter dan sebagainya bisa jadi statistiknya berkurang, sayang kan kalau begitu.
  2. Karena alamatnya beda, maka beberapa aplikasi statistik diluar platform blogger jadi beda juga membaca alamatnya, karena alamat yang kita daftarkan untuk pembacaan statistik tentunya alamat yang .com bukan?
  3. Karena alamatnya beda, maka pengunjung yang sudah atau pernah berkunjung ke blog kita dan membookmark dengan alamat yang .com pastinya bisa jadi bingung dengan perbedaan alamat, meski sebenarnya hal ini gak berpengaruh besar sih karena hal ini sepertinya hanya bersifat redirect,
  4. dan mungkin masih ada beberapa alasan bagi masing-masing blogger untuk tetap mempertahan alamat .com-nya dan sayang jika harus berganti menjadi .co.id.

Dampak Perubahan Blogspot.com Jadi Blogspot.co.id 

1. Adsense Kemana?

Hal pertama yang keliatan banget adalah, iklan Google Adsense kemana? Kok ilang? Kenapa gak nongol? Hal ini yang pertama kali bikin gue bingung. Akun Google Adsense yang gak nongol sementara ini khusus di domain blogspot yg berganti blogspot.co.id. Tapi ada juga yang masih nongol GA nya (entah karna perbedaan jenis akun GA atau apalah). Karna di domain yg ber-costum (.com/.net/.web.id dan sejenisnya) gue liat masih nongol. Apakah sifatnya sementara atau selamanya? Apakah publisher harus daftar baru lagi? Apa cuma harus setting ulang claim url di dassboard adsense? Entahlah.. Karna sampai gue nulis ini, belum tau sampe kapan.

2, Page Not Indexable ( Bukan Blog Kita yang Terindex)

Hal kedua yang gue baru ngeh adalah Page Not Indexable !! Kok bisa? Mungkin karna pergantian URL yang mendadak, atau mungkin karna masih baru, jadi pihak Blogger masih rada ribet kali yak.. Moga aja sih cuma sementara.. 

3. Pagerank N/A 

Kalo sebelumnya blogspot.com kita memiliki PR tinggi, maka dengan perubahan blogspot.co.id ini menjadi N/A. Katanya sih gitu. Karna seinget gue, gak punya blogspot yang ber-PR. Mungkin ada dari kalian yang ngerasa PR nya ilang? 

4. Dan Mungkin Masalah (Sementara) Lainnya 

Yaps, mungkin akan ada beberapa masalah lainnya yang terjadi. Entah itu tentang PA dan DA yang berubah, terjadi perubahan posisi SERP terutama artikel berkualitas yang sebelumnya di halaman satu dari sub domain blogspot.com, dan lainnya.

Sekarang bagaimana caranya mengembalikan alamat blog kita dari .co.id menjadi .com kembali?

Begini caranya:

  1. Buka dashboard blogger kamu.
  2. Masuk ke menu Template (nama menunya sesuaikan dengan bahasa masing-masing ya, punya saya soalnya pakai bahasa inggris)
  3. Sekarang copy pastekan script dibawah ini, dan tempatkan di bawah kode <head>
Ini Kode scriptnya:
<script type="text/javascript"> var blog = document.location.hostname; var slug = document.location.pathname; var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(".")); if (ctld != ".com") { var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf(".")); ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug; window.location.replace(ncr); }</script>
Simpan template dan pastikan perubahan berhasil tersimpan tanpa ada pesan kesalahan atau error.
penempatan scrip di bawah kode
5. Sekarang buka alamat blogger kamu dan taraaaa! gak berubah jadi .co.id kan? mantap
6. Kalau masih berubah menjadi .co.id clear cache browser kamu dulu.
Sumber

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik untuk dibaca, dan juga bermanfaat untuk menambah wawasan saya.

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->