Home » » Free Download Kitab Bidayatul Mujtahid

Free Download Kitab Bidayatul Mujtahid


Mualif kitab ini adalah Ibnu Rusyd atau yang lebih dikenal dengan Averroes dalam literatur barat. Nama lengkapnya adalah : Muhammad bin Ahmad bin Muhammad ibnu Rusyd Al Qurtuby, Al Andalusy, Al Maliky. Kunyah beliau adalah Abu Walid. Beliau memiliki banyak gelar dan panggilan akrab, hal ini karena “kesaktian” beliau dalam berbagai disiplin ilmu, diantaranya : Al Hakim, Al Faqih, At Tabib, Al Failusuf dan Al Qodli Ibnu Rusyd Al Hafidh.

Beliau lahir di Cordoba Andalusia (Spanyol), mantan jajahan islam di masa lalu pada tahun 520 H (1126 M) pada masa daulah Al Muwahhidin. Beliau wafat di Marrakisy pada 9 Shofar 595 H (1198 M).
Riwayat pendidikan beliau dimulai dilingkungan keluarganya sendiri yang dikenal sebagai ahli ilmu, bahkan kakeknya adalah salah seorang fuqoha Malikiyah dan seorang hakim terkenal di Cordoba. Beliau menghafal kitab Muwatho’ –sebuah masterpriece dari Imam Malik, madzhab yang dianut mayoritas penduduk Spanyol masa islam– dihadapan ayahnya.

Dikenal sebagai seorang yang selalu haus akan ilmu pengetahuan, beliau belajar fiqih kepada Al Hafidh Al Faqih Abu Mahammad bin Rizq, Abu Ja’far bin ‘Abdul ‘Aziz, Abu ‘Abdillah Al Maziny. Untuk ilmu kedokteran beliau belajar kepada Abu Marwan Al Balnasy. Sedangkan ilmu yang mengankat namanya dikalangan ilmuan barat yaitu filsafat atau ilmu hikmah, beliau belajar kepada Abu Ja’far Harun.

Selain itu beliau juga dikenal sebagai pribadi agung yang mencerminkan seorang ‘ulama besar dengan keandhap asorannya, kecerdasan yang mengagumkan, analisis yang akurat, kukuh dalam berpendapt tanpa mau mengikuti pendapat orang lain, inofatif sesuai dengan pendiriannya yang menganggap pintu ijtihad masih terbuka.

Bagi anda yang ingin memiliki Kitab Bidayatul Mujtahid Silahkan mendownload kitabnya dengan mengklik link dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->