Home » , , » Silsilah Nasab Guru Sekumpul dan Kaitannya dengan Fam Al-Aydrus

Silsilah Nasab Guru Sekumpul dan Kaitannya dengan Fam Al-Aydrus

 
Guru Sekumpul adalah sebutan akrab buat Al-Allamah Kh. Zaini Ghani, yaitu seorang ulama kharismatik Kalimantan Selatan, dilahirkan pada 25 Muharram 1361 H (11 Februari 1942 M)  dan wafat 5 Rajab 1426 H (10 Agustus 2005). Beilau sering disebut-sebut sebagai Habib keturunan Rasulullah, padahal beliau sendiri tidak pernah menambahkan dibelakang nama beliau dengan fam tertentu. Lalu darimana isyu tersebut?, mari kita telusuri nasab beliau.

  1. K H. Muhammad Zaini
  2. Abdul Ghani
  3. H Abdul Manaf
  4. Muhammad Seman
  5. H M. Sa’ad
  6. H. Abdullah
  7. Mufti H. M. Khalid
  8. Khalifah H. Hasanuddin
  9. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
Sampai disini, tidak ada perbedaan karena memang diingat, dicatat, dan dijaga dengan baik oleh Guru Sekumpul serta keluarga beliau. Perbedaan terjadi ketika kita meneliti nasab dari Sekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang merupakan tokoh Islam terbesar di bumi Banjar.
Ada beberapa versi catatan nasab Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, ada yang mengatakan lima versi, namun yang saya temukan hanya dua dan itupun masih dalam versi yang sama karena yang kedua tidak jauh beda dengan yang pertama, hanya ketinggalan 2 orang, mungkin kesalahan penyalinan saja.
Pertama, catatan dari 3 kitab, yaitu:  Syajaratul Arsyadiyah, Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari Pengarang Sabilal Muhtadin, dan Maulana Syeik Muhammad Arsyad Al Banjari. Yaitu sebagai beikut:

  1. Muhammad Arsyad Al Banjari
  2. Abdullah
  3. Abu Bakar
  4. Sultan Abdurrasyid Mindanao
  5. Abdullah
  6. Abu Bakar Al Hindi
  7. Ahmad Ash Shalaibiyyah
  8. Husein
  9. Abdullah
  10. Syaikh
  11. Abdullah Al Idrus Al Akbar (datuk seluruh keluarga Al Aidrus)
  12. Abu Bakar As Sakran
  13. Abdurrahman As Saqaf
  14. Muhammad Maula Dawilah
  15. Ali Maula Ad Dark
  16. Alwi Al Ghoyyur
  17. Muhammad Al Faqih Muqaddam
  18. Ali Faqih Nuruddin
  19. Muhammad Shahib Mirbath
  20. Ali Khaliqul Qassam
  21. Alwi
  22. Muhammad Maula Shama’ah
  23. Alawi Abi Sadah
  24. Ubaidillah
  25. Imam Ahmad Al Muhajir
  26. Imam Isa Ar Rumi
  27. Al Imam Muhammad An Naqib
  28. Al Imam Ali Uraidhy
  29. Al Imam Ja’far As Shadiq
  30. Al Imam Muhammad Al Baqir
  31. Al Imam Ali Zainal Abidin
  32. Al Imam Sayyidina Husein
  33. Al Imam Amirul Mu’minin Ali Karamallah wajhah wa Sayyidah Fatimah Az Zahra
  34. Rasulullah SAW[1]
Kedua, terdapat pada kitab yang dikarang oleh seseorang tanpa nama dengan judul  Silsilah Siti Fatimah, sebagai berikut:
  1. Muhammad Arsyad Al Banjari
  2. Abdullah
  3. Abu Bakar
  4. Abdurrasyid
  5. Abdullah al-Idrus al-Magribi
  6. Abu Bakar al-Hindi
  7. Ahmad
  8. Husin
  9. Abdullah
  10. Syaikh
  11. Abdullah Al-Idrus
  12. Abu Bakar as-Sakrani
  13. Abdurrahman as-Saqafi
  14. Maulana Ad-Duwailah
  15. Ali
  16. Alwi
  17. al-Faqih al-Muqaddam Muhammad
  18. Ali Khala Qasim
  19. Alwi
  20. Muhammad
  21. Alwi
  22. Abdullah
  23. Ahmad al-Muhajir lillah
  24. Isa  an-Naqib
  25. Muhammad an-Naqib
  26. Ali al-Arid
  27. Ja’far  as-Sadiq
  28. Muhammad al-Baqir
  29. Ali Zainal Abidin
  30. Sayyidina Husin
  31. Sayyidina Ali dan  Sayyidina Fatimah az-Zahra
  32. Sayyidina Muhammad SAW.[2]
Kedua versi silsilah/nasab diatas sama saja, hanya saja pada silsilah kedua ada yang terlewatkan dan saya tidak tahu apakah itu kesalahan M. Rusydi  yang menyalin  atau memang dari kitab Silsilah Siti Fatimah-nya. Pada catatan nasab yang kedua tidak ada  Ali Faqih Nuruddin dan Muhammad Shahib Mirbath yang pada nasab pertama berada di nomor 18 dan 19.
Perbedaan lainnya terdapat pada penulisan nama. Ada dua nama yang berbeda namun orang tua (bin)nya sama, yaitu Ubaidillah Bin Ahmad Al Muhajir  dan Isa Arrumi Bin Muhammad Annaqib
  1. Pada catatan nasab pertama tertulis Ubaidillah (nomor 24) sementara pada catatan nasab yang kedua tertulis Abdullah (nomor 22)
  2. Pada catatan nasab pertama tertulis  Isa Arrumi (nomor 26) sementara pada catatan nasab yang kedua tertulis Isa an-Naqib (nomor 24)
 Saya tidak bisa mengetahui secara pasti apakah kedua nama itu orang yang sama, hanya kekeliruan penulisan saja atau memang orang yang berbeda.
Perbedaan-perbedaan pada catatan nasab tersebut mungkin hanya kesalahan penyalinan saja, yang jelas kedua nasab tersebut membenarkan bahwa Muhammad Arsyad Al Banjari adalah seorang keturunan Rasulullah, yang secara otomatis menyatakan bahwa yang mulia Guru Sekumpul juga seorang habib ber fam Al-Idrus (Al-Aydrus).
Lalu mengapa Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari tidak menyertakan fam Al-Idrus (Al-Aydrus) dibelakang nama beliau?. Keterangan yang saya dengar langsung dari Guru Sekumpul dalam pengajian beliau, bahwa penyembunyian Nasab itu bertujuan untuk menghindari penjajah Belanda yang katanya pada waktu itu mengincar setiap orang yang didirinya mengalir darah Rasulullah.

[1]  (1). Syajaratul Arsyadiyah, Mathba’ah Ahmadiyah Singapura, oleh Abd Rahman Shiddiq (Tuan Guru Sapat, Mufti Kesultanan Indragiri) Cetakan I. Tahun 1356 H. (2). Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari Pengarang Sabilal Muhtadin, oleh Abdullah Hj W. Moh. Shagir, Khazanah Fathaniyah, Kuala Lumpur, Tahun 1990. (3). Maulana Syeik Muhammad Arsyad Al Banjari, oleh Abu Daudi, Dalam Pagar, Martapura. Cetakan Tahun 1980, 1996, dan 2003. — Saya tidak membaca langsung dari ketiga kitab tersebut, hanya menyalin dari Wikipedia  —
[2] Tanpa Nama, Silsilah Siti Fatimah (Salatiga: tanpa penerbit, 1992) 1. Dalam “THE INFLUENCE OF MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI ON THE RELIGIOSITY OF BANJARESE SOCIETY” oleh M. Rusydi (Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sumber : http://arisandi.com/

66 komentar:

  1. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  2. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  3. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  4. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  5. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  6. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  7. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  8. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  9. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  10. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  11. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukvs selalu

    BalasHapus
  12. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  13. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  14. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  15. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  16. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  17. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  18. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    BalasHapus
  19. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  20. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  21. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  22. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  23. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    BalasHapus
  24. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  25. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  26. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    BalasHapus
  27. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  28. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  29. boleh di coba tipsnya dan artikelnya

    BalasHapus
  30. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  31. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    BalasHapus
  32. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  33. Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

    BalasHapus
  34. Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

    BalasHapus
  35. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    BalasHapus
  36. boleh juga ni tipsnya di coba semoga berhasil aminn

    BalasHapus
  37. sangat menarik infonya pastui saya akan coba

    BalasHapus
  38. wah ini info keren banget pasti saya akan coba mudah2n berhasil

    BalasHapus
  39. amazing artikel yang baru saya baca, pasti saya akan memperakteakkannya, salam sejahtera

    BalasHapus
  40. asli ni artikel bagus sekali jadi ketagihan baca nih, palagi tipsnya mw di coba deh,,

    BalasHapus
  41. info yang sangat menarik banget apalagi di praktekkan tambah menarik

    BalasHapus
  42. wah info kumpulan guru yg menarik nih

    BalasHapus
  43. Balasan
    1. Makasíh atas info nya,
      dansanak . . !
      Mga artkl ini bermemfa'at buat orang banyak amein. . :-)

      Hapus
  44. Saya juga punya cd saat maulid nabi yang dibawakan oleh beliau,saya beli waktu saya ikutan maulid di pesantren assalafi buncit jakarta.Memang rasanya sangat menyentuh bila beliau yang melantunkan qasidah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata CD nya juga ada di jual di sana ya

      Hapus
  45. Saya termasuk menuntut ilmu beliau dari Kitabnya Sabilal muhtadin... Semoga ALLAh SWT memberikan ridho untyuk beliau...

    BalasHapus
  46. Sangat bermanfaat gan infonya, makasih.
    Visite back ya, heee
    tips and triks to master english

    BalasHapus
  47. Al-idrus Al Maghribi? Almaghribi bukannya fam tersendiri keturunan imam Hasan ra. bin Ali bin Abi Thalib (keluarga Alhasany)??

    BalasHapus
  48. hei hei hei, hati2 menisbahkan seseorang dengan orang lain yang bukan bapaknya kandungnya.

    Kalau mau memastikan, datanglah ke Rabithah Alawiyah, disana tercatat dengan jelas semua nasab hingga Rasulullah dari bani Alawiyyin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukran Katsir Atas Masukannya ^^, Jika Ingin Lebih Jelasnya Memang Bisa Ditanyakan ke Rabithah Alawiyah, Karena Semua Habib Memiliki Sanad dan Tercatat di Sana. Setahu Saya Sanad Ini Sudah Syaikhuna Sampaikan pada Pengajian Beliau yang Dihadiri oleh Para Habaib dan Ulama-Ulama di Kalimantan Selatan, dan Selama Ini Tidak Ada Sanggahan Oleh Para Habaib dan Ulama Termasuk dari Rabithah Alawiyah terhadap Sanad Tersebut. Terima Kasih Banyak atas Masukannya. ^^

      Hapus
    2. setahu saya tahun 2001 sanad ini pernah di masukkan di maktab ad daimi rabithah alawiyyah hasilnya di tolak ,,,,menurut saya kerancuannya :
      1 . datu kalampayan sendiri tdk pernah mencantumkan nama fam alaydrus ,
      klo dulu katanya takut ama belanda , klo sekarang kenapa dzuriat beliau
      gak ada yg mencantumkan fam alaydrus..??
      2. dalam daftar raja/sultan mindanao ataupun solok tidaka ada yg bernama
      abdurrasyid ...
      3. dalam kitab syamsu azh zhahirah hal.101 karangan habib abdurrahman al masyhur( pengarang kitab bughyatul mustarsyidin ) di sebutkan bahwa abu bakar al hindy tdk ada punya anak bernama abdullah ( malahan di atas ditulis abdullah al idrus al magriby ,,makin rancu aja..)
      4. dalam sejarah fam alaydrus tidak pernah ada nama abdurrasyid...
      5. banyak tulisan sejarah bahwa ayah datu kalampayan yg bernama abdullah adalah seorang perantau dari india yg berprofesi sbg tukang ukir kayu , sedangkan kakeknya abdurrasyid disebutkan dari mindanao -FILIPINA..????
      mohon jawabannya dari teman2 utk mencari kebenaran ....

      Hapus
    3. kalo cuman taunya liat google mending gak usah ikut2an deh ngomong dulu itu memang pernah dpt sanggahan dri pihakmaktab tp sekarang kan sdah ketemu catatan nasabnya beliau

      Hapus
    4. yg pertama menulis silsilah datuk kalampaian itu sendiri adalah cucu beliau sendiri alm alimulallamah h muhammad khatib.atau datuk muhammad wali, itu pake bahasa arab yg aslinya.dan syekhabdurrahman siddik menyambungkan lagi catatan silsilah itu,yg perlu kita tau mereka semua org yg sangat alim pasti lebih tau masalah hadist2 dri pada kita.logikanya aja itu.ini qta yg gak tau apa2 eeh malah ikut2 komentar

      Hapus
  49. Baeknya tanyakan ke Habaib yang sepuh disana,

    Abdullah- Ubaidillah (adalah nama gelar kecilnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan buat sekedar renungan aja bahwa pihak rhabitoh sdah menyatakan ketemu nasab nya datuk kalampaian kata mereka itu sayyed muh ja'far shoddiq yg tercatat namanya. dan kalo dulu ada penolakan dri rhabitoh .alm abah guru zaini senyum2 aja nanggapinnya,kata beliau dulu mereka tidak akui tidak apa2 .tidak mereka akui bukan bearti hilangkan ke sayyidannya.yg penting itu rosululloh yg mengakuinya itu yg paling utama kata beliau. afwan semuanya dri pencinta habaib

      Hapus
    2. buku info mengatakan klo sumbernya dr kitab syajaratul arsyadiyyah ,halaman berapa? klo kitab karangan syekh muhammad wali apa nama kitabnya ? ?

      Hapus
  50. terima kasih telah menambah wawasan saya mas..
    sehat dan sukses selalu

    BalasHapus
  51. Tipsnya sangat Infomatif sekali

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2013. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
-->