Home » » Cara Mengecilkan Size Dokumen Pdf (Compress PDF File) Via Software atau Online

Cara Mengecilkan Size Dokumen Pdf (Compress PDF File) Via Software atau Online

Sering kali kita kesulitan ketika mengupload file pdf ke website atau email karena ukurannya yang besar. berikut ini ada beberapa cara untuk mengecilkan file pdf
1. PDF COMPRESSOR
Sebenarnya program ini simpel banget, karena dia portabel (tanpa perlu install) dan mudah di download karena ukurannya kecil. bisa di download DISINI
Cara penggunaannya pun sangat mudah 
  1. Jalankan Free PDF Compressor.
  2. Pilih dan arahkan file PDF yang akan dikompres dengan cara menekan tombol Loa
  3. Pilih algoritma dan level kompresi sesuai dengan keinginan.
  4. Tekan Compress untuk melakukan kompresi. Pilih nama baru atau folder lain jika tidak ingin menimpa/mengganti file PDF asli.
  5. Setelah kompresi selesai dilakukan, Free PDF Compressor akan menampilkan ukuran file setelah dikompres
2. ORPALIS PDF

Penggunaan dari software ORPALIS PDF Reducer ini relatif mudah, hanya saja memang saat dijalankan pertama kali, maka opsi bawaannya yaitu membuka folder bukan dokumen atau file PDF. Untuk mengubah opsi ini, maka caranya mudah, yaitu dengan membuka menu Options, kemudian dari tab General, bagian ‘Input mode’ pilih Files Selection. Dengan begitu Kamu berarti memilih sumbernya yaitu dokumen PDF.

Pada homepage pada program ini nantinya pengguna dapat memasukan dokumen pdf pada tombol dibagian kanan isian Source, lalu atur juga isian Destination. Setelah itu tinggal klik tombol Start Batch, dengan begitu proses kompresi PDF akan segera berjalan dan setelah selesai, poses biasanya tidak sampai satu menit, itu tergantung dari besarnya file PDF. 

Setelah itu akan ditampilkan informasi ukuran PDF hasilnya, dan ada informasi berapa persen ukuran PDF dikurangi dari ukuran sebelumnya / aslinya. Software ORPALIS PDF Reducer Free Edition ini cukup bagus dan dapat diandalkan, karena tidak menimbulkan suatu masalah. Mengecilkan atau kompresi ukuran file PDF bervariasi, sekitar 20% hingga 36%, dan besarnya itu juga tergantung konten dokumen PDF didalamnya dan juga pengaturan opsi sebelumnya.


Ada juga opsi yang lain yang dapat membuat ukuran file PDF menjadi jauh lebih kecil, buka saja pada menu Options, yang nantinya Kamu akan melihat opsi apa saja yang tersedia dalam melakukan kompresi dokumen PDF. Ukuran file dari software ini sekitar 15 MB, tidak terlalu besar.
Download softwarenya DISINI

3. NEEVIA

Web Neevia ini punya keunggulan, karena kita disajikan pilihan tipe compressed sesuai dengan yang kita inginkan, dari: Low Compression, High Image Quality (Tingkat kompres filenya kecil, tapi kualitas gambarnya bagus) sampai Maximum Compression, Very Low Image Quality (Tingkat kompresinya paling maksimal sehingga berdampak kepada kualitas gambar yang sangat rendah). Hasilnya lumayan efektif, file ukuran 2 MB menjadi seratusan KB.
3. SMALLPDF

Sebenarnya web ini cukup kondang.. Tapi setelah dicoba rata-rata file hanya dikecilkan 35% – 47%.
Berikut link web nya: http://compress.smallpdf.com/
4. COMPRESS-PDF

Kalau web ini hampir mirip seperti Small Pdf (tidak ada tingkatan kompresi yang kita inginkan), tapi bedanya disini tidak dicantumkan berapa persen file kita di kompresi? Setelah saya coba, tingkat kompresinya bagus, file ukurannya menjadi relatif kecil.
Ini link webnya : http://www.compress-pdf.co.uk/

1 komentar:

 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->