Home » » Perihal Dua Ruh

Perihal Dua Ruh

Allah tidak memerlukan amal hamba-Nya. Dia memerintah hamba-Nya untuk beramal, tak lain agar ia mengakui bahwa dirinya lemah (i'tiraf) dan selalu memerlukan pertolongan. Pengakuan ini sangat penting. Diceritakan bahawa ada dua ruh disiksa di neraka. Allah kemudian memerintahkan agar keduanya dikeluarkan. Setelah keluar, Allah bertanya kepada mereka, "Apakah yang menyebabkan kalian masuk neraka?"

"Nafsu kami," jawab mereka. "Bukankah telah Kularang kalian bermaksiat kepada-Ku? Bukankah Aku telah mengutus rasul-rasulKu dengan bukti-bukti nyata? Dan bukankah telah-Ku katakan melalui lisan para ulama bahawa sesiapa yang taat akan memperoleh syurga, istana, wildan dan bidadari, sedang orang yang bermaksiat akan tinggal di neraka bersama Qarun, Firaun dan Haman?" "Benar, tetapi kami tidak taat dan selalu bermaksiat kepada-Mu."

"Kembalilah kalian ke neraka, dan rasakanlah siksa-Ku," perintah Allah. Ruh yang satu bergegas kembali, namun ruh yang lain berjalan dengan enggan sambil sesekali menoleh ke belakang. "Mengapa kamu berjalan cepat-cepat?" tanya Allah kepada ruh yang pertama.

"Ya Tuhan, dahulu aku selalu membangkang perintah-Mu, sekarang sudah seharusnya aku taat kepada-Mu." "Dan kamu, mengapa kamu tidak segera kembali ke neraka?" tanya Allah kepada ruh kedua. "Aku sangat mengharap ampunan-Mu, kerana mustahil Kamu akan mengembalikan kami ke neraka setelah membebaskan kami darinya."

"Masuklah kalian berdua ke dalam syurga. Masuklah, kerana kamu telah mentaati perintah-Ku. Dan masuklah, kerana kamu percaya pada rahmat dan kemurahan-Ku."

9 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    salam kenal mas dari pulau jawa :)
    anda ini aslimartapura ya ?
    saya penggemar almarhum Tuan guru Ijai, walapun say sendiri tidak pernah bersua dengan beliau.
    Tetapi ada kesejukan dan kedamaian ketika mendengarkan beliau membaca maulid, walapaun hanya bisa saya saksikan melaui VCD.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Warah matulahi Wabarakatuh

    saya sangat senang mengunjungi Blog pian, banyak informasi dan ilmu yang saya dapat semoga bisa terus uptudate blog nya

    BalasHapus
  3. subhanallah,mudah-mudahan aku termasuk salah satu orang yang diampuni dan mendapat ridho juga rahmat Alls s.w.t ,aaaaaaaamiiiiiiiiinnnnnnn.........

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan kita termasuk calon penghuni syurga, dengan bekal amalan kita. amiinnnn.

    BalasHapus
  5. Ya Allah jadikanlah kami penghias surga-Mu! Amin!
    Saudaraku semuanya ada hadits dari Abu Hurairah ra. ditakhrij oleh Ibnu Majah:
    "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman, "Aku bersama hamba-Ku apabila ia ingat kepada-Ku dan kedua bibirnya bergerak (mengucapkan dzikir) kepada-Ku.""

    BalasHapus
  6. Martapura dimananya pian? nyaman kawa bailang, hihi..

    BalasHapus
  7. Subahanallah, ceritanya sangat menarik.Terima kasih ya..
    Btw, linknya sudah aku add

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum,
    Sebenarnya Allah mewajibkan kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya,a dalah untuk kebaikan kita sendiri. Karena itu marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allh Swt. Terima kasih suda nglink blog saya, blognya juga sudah saya link balik. (Dewi Yana)

    BalasHapus
  9. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung seperti cerita di atas,, amiiinnn

    BalasHapus

 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->