Artikel TerbaruSelamat Datang di Putra Martapura

Bila Ibu Boleh Memilih ♥


Anakku,, Bila ibu boleh memilih Apakah ibu berbadan langsing Atau berbadan besar karena mengandungmu Maka ibu akan memilih mengandungmu,, Karena dalam mengandungmu,,ibu akan merasakan keajaiban dan kebesaran Allah


Sembilan bulan nak,, Engkau hidup di perut ibu.. Engkau ikut kemana pun ibu pergi Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagian Engkau menendang rahim ibu,, Ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai airmata


Anakku,, Bila ibu boleh memilih Apakah ibu harus operasi ceasar, atau Ibu harus berjuang melahirkanmu.. Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga Karena kedahsyatan perjuangan untuk mencari keluar ke dunia sangat ibu rasakan Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun.


dan ketika engkau hadir,, tangismu memecah dunia,, saat itulah saat paling membahagiakan segala sakit dan derita sirna melihat dirimu yang merah mendengarkan ayahmu mengumandangkanadzan kalimat syahadat kebesaran Allah dan penentetapan hati tentang junjungan kita tentang Rasulullah di telinga mungilmu


Anakku,, Bila ibu memilih Apakah ibu berdada indah atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,, Maka Ibu memilih menyusuimu, Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu Dengan tetesan-tetesanDan tegukan-tegukanyang sangat berharga Merasakan kehangatan bibir dan badanmu di dada ibu dalam kantuk ibu, Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan


Anakku,, Bila ibu boleh memilih.. Duduk berlama-lama di ruang rapat Atau duduk dilantai menemanimu menempelkan puzzle Maka ibu akan memilih bermain puzzle denganmu


Tetapi anakku,, Hidup emang pilihan.. Jika dengan pilihan ibu,, Engkau merasa sepi dan merana Maka maafkanlah nak.. Maafkan ibu.. Maafkan ibu.. Percayalah nak,, Ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita, Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita hilang Percayalah nak,, Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu Percayalah nak,, Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu.



Humor Bahasa Banjar: Pintar Batatamba


Malam Minggu, Duar wan Wati badudukan dipalatar rumah Amat
abahnya Wati.Kurang sabulan lagi nang badua tu cagar dikawinanakan.


Wati : "Ulun sakit kapala ka ai"


Duar : "Sininah kaka mamicikiakan,kaina ampih tu sakitnya"


(Duar mamiciki kapala Wati,dua balah tangannya mamusut mulai pipilingan sampai kapihinggulu)
Duar : "Kaya apa ding,ampihlah sakitnya?"


Wati : "Ampih ka ai,tagal wahini sakitnya baalih kapipi"


Duar : "Mun kaitu,kaini caranya" (Duar mandisut mancium pipi Wati)


Duar : "Kaya apa,ampihlah sakitnya ding?"


Wati : "Inggih,ampih sakit ka ai, wahini sakitnya baalih ka bahu ulun, singkal rasanya"


(Duar mancium pulang kadua balah bahu Wati)
Duar : "Kaya apa ding?"


Wati : "Tarimakasihlah ka,ampih sudah sakitnya"


(Rupanya kada satahu nang badua, Nininya Wati duduk dibalakang nang rahatan asik ngitu)
Nini : "Rupanya cucuku Duar ni harat lah batatamba".


Duar : "Ih ada Nini kah? Inggih Niai,ulun bisa mananambai".


Nini : "Caranya diciumi kaitu lah cu?"


Duar : "Inggih Ni ai" (sambil kalihum2 kasupanan)


Nini : "Mun kaitu,kawalah ikam mananambai panyakitku ngini?"


Duar : "Dimana sakitnya Ni?"


Nini : "Sudah samingguan ini,ambayanku bangkak....." 


Sumber

Humor Bahasa Banjar: Jangan Laju-Laju


Sambagai katua RT,minik jua Juhan mamikirakan badimapa supaya jalan digangnya kadada lagi sapidamutur nang balalajuan mangabut.Jalan digang situ dasar pambagusnya,ulihan batuturuk warga,nyaman,kadada balubak lalu,jadi manyamani urang,mana jadi pahantasan kajalan ganal dikampung subalah.Padahal disitu banyak kakanakan halus,banyak hayam haraguan,kada sakali dua kali suah ada nang manggisit taranjah.Dahulu suahai diulah pulisi tidur atawa kuburan ular,dipasangi tulisan2:"Jalan pelan2,banyak anak2!",kanyataannya kada diasi.Lalu diganti wan tulisan:"Ngebut?Binjut!",tatap kada diasi!Lalu Juhan maulah idabul,tulisannya diganti:"JANGAN LAJU2 BANYAK BINIAN BATILANJANG".Mantap!Imbah ada tulisan nangitu kadada lagi sapidamutur balalajuan ngabut,lalaki bibini,tuha anum,samunyaan sapidamutur jalan bagimit,sambil kapala papalingau kakanan kakiwa

Humor Bahasa Banjar: Manunjuk Niur Tuha


Su Utuh hari ahad kaina handak ba'aruhan, sidin parlu niur nang tuha
Lalu Su Utuh mambawa si anang kakabun niur sidin
Su Utuh ma'awasi z matan bawah pas Anang naik 


Nah pas niur sudah di putik si Anang Sidin sarik wan anang:
Su Utuh : "uyyy Nang nangitu jangan di putik, itu masih anum


Anang : "yang mana Su ? nang ini kah??"


Su Utuh : "Lain ! nang di sebelahnya!!"


Anang : "nang ini kah Su ?"


Su Utuh : "Bungul Banar ! Jar ku nang disabalah nya lagi"


Napa Su Utuh kada sabar lagi, di suruh sidin Anang turun, lalu Su Utuh naik ka niur .
Pas sampai di atas niur sidin manunjukan niur nang di maksud sidin:
Su Utuh : "Ngini nah, Niur nang Unda maksud nang ai, smbl manunjuk kaniur tuha !!"


Lalu Su Utuh turun lagi, lalu manyuruh Anang naik lagi Supaya mamutik nang di tunjuk nya tadi.
Su Utuh : "Nang, sana nyawa naik lagi, Putik buah niur nang unda tunjuk tadi !!"


Anang : Manggarunum dalam hati, dasar ngangnga Su Utuh nih..Naik ka niur manujuk haja sakali nya...imbah itu turun...jaka salajur di putik tadi..



Sumber

Humor Bahasa Banjar: Hintalu Mata Sapi

Utuh dasar liwar kada paingatan,di suruh bini ka pasar nukar kutang haja wan numurnya kada ingat.

Sasampainya di pasar utuh kabingungan,numur barapalah kutang bini unda jar utuh dalam hati.

Ada kutangkah jar utuh batakun wan nang bajualan..
Ada ae mang ai jar nang bajualan,handak nang ukuran barapa?

Naham kada ingat am aku jar utuh..

"INGAT AKAN PANG mang numurnya barapa?"jr nang bajualan.

"Kada ingat lalu aku nang ai"jar Utuh.

"GANALNYA ampun bini pian haja kaya apa?jr nang bajualan.

"Hmmmm...jar utuh,sambil maingat-ingat..nangKaya hintalo saku!"

"Hintalo apa mang? jar nang bajualan sambil batakun,hintalo hayam,hintalo itik atawa hintalo angsa???

Sambil malihat kakiwa kakanan Utuh baabisik kasusupanan wan nang bajualan...

"Kaya HINTALO MATA SAPI nang ae....".

Humor Bahasa Banjar: Maminandui Intalu Itik



Suatu hari urang Halabiu,Kandangan wan Tanjung bapandiran di pasar itik.

UTUH KANDANGAN:"Kami di Kandangan sumat bahari sudah tahu cara maminandui anak itik nang hanyar mamacah. Pabila anak itik tu dikacak awaknya basiwara pina garau bararti laki, mun babunyi nyaring bararti bini tu ah".

AMANG HALABIU: " Amun kami kada usah mahadang mamacah sudah tahu. Pinandui haja hintalunya bilanya lunjung bararti laki, munnya bulat bararti bini".

JULAK TANJUNG : "Jaah!! Nyapa2 pang, mun kaitu masih kada harat ngarannya. Mun kami, hintalu itik rahatan diulah gin kami sudah tahu nang mana laki nang mana bini".

UTUH KANDANGAN + AMANG HALABIU : "Umaaai, kaya apa caranya?"

JULAK TANJUNG : "Tiringi ha itik nang rahatan baulah hintalu, mun nang diatas baarti laki ..... Nah mun nang dibawah baarti bini tu"

Sumber

Humor Sufi: Berfikir Dahulu


Di Sajastan, wilayah Asia tengah, antara Iran dan Afganistan, hidup seorang ulama ahli bahasa yang amat terkenal. Suatu hari ia menasehati putranya: “Kalau kamu hendak membicarakan sesuatu, pakai dahulu otakmu. Pikirkan dengan matang; setelah itu, baru katakan dengan kalimat yang baik dan benar.”
Pada suatu hari di musim hujan, keduanya sedang duduk-duduk santai di dekat api unggun di rumahnya.
Tiba-tiba sepercik api mengenai jubah tenunan dari sutera yang dikenakan sang ayah. Peristiwa itu dilihat putranya, namun ia diam saja. Setelah berpikir beberapa saat barulah ia membuka mulut, “Ayah, aku ingin mengatakan sesuatu, bolehkah?,” tanyanya. “Kalau menyangkut kebenaran katakan saja,” jawab sang ayah.
“Ini memang menyangkut kebenaran,” jawabnya. “Silakan,” kata sang ayah. Ia berkata, “Aku melihat benda panas berwarna merah.” “Benda apa itu?,” tanya sang ayah. “Sepercik api mengenai jubah ayah,” jawabnya.
Seketika itu sang ayah melihat jubah yang sebagian sudah hangus terbakar. “Kenapa tidak segera kamu beritahukan kepadaku?,” kata sang ayah. “Aku harus berikir dahulu sebelum mengatakannya, seperti apa yang anda nasihatkan kepadaku tempo hari,” jawab putranya dengan lugu.

Humor Sufi: Mengajar Keledai Membaca

Timur Lenk menghadiahi Nasrudin Hoja seekor keledai. Nasrudin menerimanya dengan senang hati.

Tetapi Timur Lenk berkata, "Ajari keledai itu membaca. Dalam dua minggu, datanglah kembali ke mari, dan kita lihat hasilnya!"
Nasrudin berlalu, dan dua minggu kemudian ia kembali ke istana. Tanpa banyak bicara, Timur Lenk menunjuk ke sebuah buku besar. Nasrudin menggiring keledainya ke buku itu, dan membuka sampulnya.
Si keledai menatap buku itu, dan tak lama mulai membalik halamannya dengan lidahnya. Terus menerus, dibaliknya setiap halaman sampai ke halaman akhir. Setelah itu si keledai menatap Nasrudin.

"Demikianlah," kata Nasrudin, "Keledaiku sudah bisa membaca."

Timur Lenk mulai menginterogasi, "Bagaimana caramu mengajari dia membaca?"

Nasrudin berkisah, "Sesampai di rumah, aku siapkan lembaran-lembaran besar mirip buku, dan aku sisipkan biji-biji gandum di dalamnya. Keledai itu harus belajar membalik-balik halaman untuk bisa makan biji-biji gandum itu, sampai ia terlatih betul untuk membalik-balik halaman buku dengan benar."

"Tapi," tukas Timur Lenk tidak puas, "Bukankah ia tidak mengerti apa yang dibacanya ?"

Nasrudin menjawab, "Memang demikianlah cara keledai membaca, hanya membalik-balik halaman tanpa mengerti isinya. Kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, maka kita disebut setolol keledai, bukan?"

Sumber

Humor Sufi: Periuk Yang Beranak

 Nasrudin meminjam periuk kepada tetangganya. Seminggu kemudian, ia mengembalikannya dengan menyertakan juga periuk kecil di sampingnya. Tetangganya heran dan bertanya mengenai periuk kecil itu.

"Periukmu sedang hamil waktu kupinjam. Dua hari kemudian ia melahirkan bayinya dengan selamat."

Tetangganya itu menerimanya dengan senang. Nasrudin pun pulang.

Beberapa hari kemudian, Nasrudin meminjam kembali periuk itu. Namun, kali ini ia pura-pura lupa mengembalikannya. Sang tetangga mulai gusar, dan ia pun datang ke rumah Nasrudin,

Sambil terisak-isak, Nasrudin menyambut tamunya, "Oh, sungguh sebuah malapetaka. Takdir telah menentukan bahwa periukmu meninggal di rumahku. Dan sekarang telah kumakamkan."

Sang tetangga menjadi marah, "Ayo kembalikan periukku. Jangan belagak bodoh. Mana ada periuk bisa meninggal dunia!"

"Tapi periuk yang bisa beranak, tentu bisa pula meninggal dunia," kata Nasrudin, sambil menghentikan isaknya.

Hikmah Dari Kisah Ini Terkadang Manusia Suka Curang, Ketika Mendapat Sesuatu Yang Lebih Pura-pura Tidak Tahu ( Walaupun bukan haknya ), Ketika Mendapat Sesuatu Yang Kurang Langsung Protes ( Marah-Marah Menuntut Haknya)

Sumber

Humor Sufi : Nasrudin Kecil Menjaga Pintu

Suatu hari Nasrudin kecil ditinggal ibunya untuk pergi ke rumah Ibu RT. Sebelum pergi ibunya berkata kepada Nasrudin, “Nasrudin, kalau kamu sedang sendirian di rumah, kamu harus selalu mengawasi pintu rumah dengan penuh kewaspadaan. Jangan biarkan seorang pun yang tidak kamu kenal masuk ke dalam rumah karena bisa saja mereka itu ternyata pencuri!”
Nasrudin memutuskan untuk duduk di samping pintu. Satu jam kemudian pamannya datang. “Mana ibumu?” tanya pamannya.

“Oh, Ibu sedang pergi ke pasar,” jawab Nasrudin.
“Keluargaku akan datang ke sini sore ini. Pergi dan katakan kepada Ibumu jangan pergi ke mana-mana sore ini!” kata pamannya.

Begitu pamannya pergi Nasrudin mulai berpikir, “Ibu menyuruh aku untuk mengawasi pintu. Sedangkan Paman menyuruhku pergi untuk mencari Ibu dan bilang kepada Ibu kalau keluarga Paman akan datang sore ini.”
Setelah bingung memikirkan jalan keluarnya, Nasrudin akhirnya membuat satu keputusan. Dia melepaskan pintu dari engselnya, menggotongnya sambil pergi mencari ibunya

Makna : Jadilah Orang Yang Selalu Menjaga Amanah

Humor Sufi: Abu Nawas mencari ibu dari bayi

 Entah sudah berapa hari kasus seorang bayi yang diakui oleh dua orang ibu yang sama-sama ingin memiliki anak. Hakim rupanya mengalami kesulitan memutuskan dan menentukan perempuan yang mana sebenarnya yang menjadi ibu bayi itu.

Karena kasus berlarut-larut, maka terpaksa hakim menghadap Baginda Raja untuk minta bantuan. Baginda pun turun tangan. Baginda memakai taktik rayuan. Baginda berpendapat mungkin dengan cara-cara yang amat halus salah satu, wanita itu ada yang mau mengalah. Tetapi kebijaksanaan Baginda Raja Harun Al Rasyid justru membuat kedua perempuan makin mati-matian saling mengaku bahwa bayi itu adalah anaknya. Baginda berputus asa.


Mengingat tak ada cara-cara lain lagi yang bisa diterapkan Baginda memanggil abu nawas. abu nawas hadir menggantikan hakim. abu nawas tidak mau menjatuhkan putusan pada hari itu melainkan menunda sampai hari berikutnya. Semua yang hadir yakin abu nawas pasti sedang mencari akal seperti yang biasa dilakukan. Padahal penundaan itu hanya disebabkan algojo tidak ada di tempat.

Keesokan hari sidang pengadilan diteruskan lagi. Abu Nawas memanggrl algojo dengan pedang di tangan. abu nawas memerintahkan agar bayi itu diletakkan di atas meja.
“Apa yang akan kau perbuat terhadap bayi itu?” kata kedua perempuan itu saling memandang. Kemudian abu nawas melanjutkan dialog.

“Sebelum saya mengambil tindakan apakah salah satu dari kalian bersedia mengalah dan menyerahkan bayi itu kepada yang memang berhak memilikinya?”
“Tidak, bayi itu adalah anakku.” kata kedua perempuan itu serentak.

“Baiklah, kalau kalian memang sungguh-sungguh sama menginginkan bayi itu dan tidak ada yang mau mengalah maka saya terpaksa membelah bayi itu menjadi dua sama rata.” kata abu nawas mengancam.
Perempuan pertama girang bukan kepalang, sedangkan perempuan kedua menjerit-jerit histeris.
“Jangan, tolongjangan dibelah bayi itu. Biarlah aku rela bayi itu seutuhnya diserahkan kepada perempuan itu.” kata perempuan kedua. abu nawas tersenyum lega. Sekarang topeng mereka sudah terbuka. abu nawas segera mengambil bayi itu dan langsurig menyerahkan kepada perempuan kedua.

Abu Nawas minta agar perempuan pertama dihukum sesuai dengan perbuatannya. Karena tak ada ibu yang tega menyaksikan anaknya disembelih. Apalagi di depan mata. Baginda Raja merasa puas terhadap keputusan abu nawas. Dan .sebagai rasa terima kasih, Baginda menawari abu nawas menjadi penasehat hakim kerajaan. Tetapi abu nawas menolak. la lebih senang menjadi rakyat biasa.

Sumber

Humor Sufi: Dosen Liberal Yang Sok Pintar

Dosen: "Saya bingung. Banyak Umat Islam di seluruh dunia lebay. Kenapa harus protes dan demo besar-besaran cuma karena tentara amerika menginjak, meludahi dan mengencingi Al-Quran? Wong yang dibakar kan cuma kertas, cuma media tempat Quran ditulis saja kok. Yang Qurannya kan ada di Lauh Mahfuzh. Dasar ndeso. Saya kira banyak muslim yang mesti dicerdaskan."

Meskipun pongah, namun banyak mahasiswa yang setuju dengan pendapat dosen liberal ini. Memang Qur'an kan hakikatnya ada di Lauh Mahfuz.
Tak lama sebuah langkah kaki memecah kesunyian kelas. Sang
mahasiswa kreatif mendekati dosen kemudian mengambil diktat kuliah si dosen, dan membaca sedikit sambil sesekali menatap tajam si dosen.
Kelas makin hening, para mahasiswa tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Mahasiswa: "Wah, saya sangat terkesan dengan hasil analisa bapak yg ada disini."ujarnya-­ sambil membolak balik halaman diktat tersebut.

"Hhuuhhh...."semua orang di kelas itu lega karena mengira ada yang tidak beres.

Namun Tiba-tiba sang mahasiswa meludahi, menghempaskan dan kemudian menginjak-injak-­ diktat dosen tersebut. Kelas menjadi heboh. Semua orang kaget, tak terkecuali si dosen liberal.

Dosen: "kamu?! Berani melecehkan saya?! Kamu tahu apa yang kamu lakukan?! Kamu menghina karya ilmiah hasil pemikiran saya?! Lancang kamu ya?!"

Si dosen melayangkan tangannya ke arah kepala sang mahasiswa kreatif, namun ia dengan cekatan menangkis dan menangkap tangan si dosen.

Mahasiswa: "Marah ya pak? Saya kan cuma nginjak kertas pak. Ilmu dan pikiran yang bapak punya kan ada di kepala bapak. Ngapain bapak marah kalau yang saya injak cuma media buku kok. Wong yang saya injak bukan kepala bapak. Kayaknya bapak yang perlu dicerdaskan ya??"

Si dosen merapikan pakaiannya dan segera meninggalkan kelas dengan perasaan malu yang amat sangat. Cepeek deeh..!!

"Itulah salah satu hukuman langsung dri Allah Ta'ala bagi siapa saja yang ingin mempermainkan atau mencaci maki Agama-Nya."

Pelajaran yang sangat berharga dari kisah di atas:

Tanamkanlah Aqidah yang benar kepada buah hati anda, Aqidah yang bersumber dari mata air yang Murni, yang tidak tercampur dengan kotoran Syirik, Bid'ah dan Khurafat, Yaitu Al Qur'an dan Sunnah Nabi -Shallallahu Alaihi wa Sallam- sesuai dengan pemahaman para As Salaf As Shaleh (Sahabat, Tabi'in, dan Tabi'ut Tabi'in serta para ulama yang meniti jalan mereka).

Dengan Aqidah dan keyakina yang benar, Allah Ta'ala akan menjaga seseorang dari penyimpangan, baik lahir dan batin.

Semoga Allah Ta'ala menunjukkan kepada kita kebenaran adalah kebenaran, serta memudahkan kita untuk mengikutinya, dan memperlihatkan kepada kita yang batil itu adalah sebuah kebatilan, serta memudahkan kita untuk menjauhinya, karena betapa banyak org yang tau itu kebenaran, namun Allah Ta'ala tdk mmberikannya hidayah utk mengikutinya, dan betapa banyak
org yg tau bahwa itu kebathilan, namun dia tidak diberikan hidayah untuk menjauhinya.

Mintalah kepada Allah Ta'ala hidayah Taufiq, agar dimudahkan untuk istiqamah di atas kebenaran.

Sumber
 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->