Artikel TerbaruSelamat Datang di Putra Martapura

Cacat karena Sedekah


Dikisahkan bahwa ketika kekurangan makanan dalam kalangan Bani Israel, maka datanglah seorang fakir menghampiri rumah orang kaya dengan berkata, "Sedekahlah kamu kepadaku dengan sepotong roti dengan ikhlas kerana Allah S.W.T."
Setelah fakir miskin itu berkata demikian maka keluarlah anak gadis orang kaya, lalu memberikan roti yang masih panas kepadanya. Baru saja gadis itu memberikan roti tersebut maka keluarlah bapa gadis tersebut yang bakhil, dia kemudian memotong tangan kanan anak gadisnya sehingga putus. Semenjak peristiwa itu maka Allah S.W.T pun mengubah kehidupan orang kaya itu dengan menarik kembali harta kekayaannya sehingga dia menjadi seorang yang fakir miskin dan akhirnya dia meninggal dunia dalam keadaan yang paling hina.

Anak gadis itu menjadi pengemis dan meminta-minta dari satu rumah ke rumah. Maka pada suatu hari anak gadis itu menghampiri rumah orang kaya sambil meminta sedekah, maka keluarlah seorang ibu dari rumah tersebut. Ibu tersebut sangat kagum dengan kecantikannya dan menyuruh anak gadis itu masuk ke rumahnya. Ibu itu sangat tertarik dengan gadis tersebut dan dia berkeinginan untuk mengahwinkan anaknya dengan gadis tersebut. Maka setelah perkahwinan itu selesai, maka si ibu itu pun memberikan pakaian dan perhiasan.

Pada suatu malam ketika sudah dihidangkan makanan malam, maka si suami hendak makan bersamanya. Suaminya tidak tahu bahwa tangannya cacat, ibunya juga telah merahsaiakan tentang tangan gadis tersebut. Maka apabila suaminya menyuruh dia makan, lalu dia makan dengan tangan kiri. Apabial suaminya melihat keadaan isterinya itu dia pun berkata, "Makanlah dengan tangan kanan dan bukan dengan tangan kiri."

Setelah si suami berkata demikian, maka isterinya itu tetap makan dengan tangan kiri, walaupun suaminya berulang kali memberitahunya. Dengan tiba-tiba terdengar suara dari sebelah pintu, "Keluarkanlah tangan kananmu itu wahai hamba Allah, sesungguhnya kamu telah mendermakan sepotong roti dengan ikhlas kerana Ku, maka tidak ada halangan bagi-Ku memberikan kembali akan tangan kananmu itu."

Setelah gadis itu mendengar suara tersebut, maka dia pun mengeluarkan tangan kanannya, dan dia mendapati tangan kanannya berada dalam keadaan asalnya, dan dia pun makan bersama suaminya dengan menggunakan tangan kanan. Hendaklah kita sentiasa menghormati tamu kita, walaupun dia fakir miskin apabila dia telah datang ke rumah kita maka sesungguhnya dia adalah tamu kita. Rasulullah S.A.W telah bersabda yang artinya "Barangsiapa menghormati tamu, maka sesungguhnya dia telah menghormatiku, dan barangsiapa menghormatiku, maka sesungguhnya dia telah memuliakan Allah S.W.T. Dan barangsiapa telah menjadi kemarahan tamu, dia telah menjadi kemarahanku. Dan barangsiapa menjadikan kemarahanku, sesungguhnya dia telah menjadikan murka Allah S.W.T."

Sabda Rasulullah S.A.W yang bermaksud, "Sesungguhnya apabila tamu itu datang ke rumah seseorang mukmin, maka dia masuk bersama dengan seribu berkah dan seribu rahmat."

Award Blogger Indonesia




Award Ini " Blogger Indonesia " adalah award yang dibuat dan diberikan oleh sahabat saya R n B

Dengan award yang bergambar burung Garuda dan background Bendera Indonesia bertujuan untuk menunjukkan bahwa kita adalah blogger Indonesia, dengan Blog kita dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa tanpa memandang perbedaan SARA.

Nah award Ini aku berikan pada Teman teman semua, silahkan diambil dan dipasang ya
Award ini boleh disebarluaskan pada siapa saja bebas pokoknya.

Menghibur Hati

Tulisan ini hanya dibuat untuk menghibur diriku yang sedang gundah.....
Siapa orang yang ga pernah sakit hati, semua pernah merasakannya...
Disaat diriku lagi bingung dan bimbang memikirkan perjalanan hidup yang yang tak sesuai dengan harapan maka ku mohon pada Allah agar menghibur hatiku....

Dan doa itupun di kabulkan..
Selintas terfikir olehku tentang beberapa hal yang menhibur hatiku di saat gundah gulana
Inilah yangt terlintas saat itu:
  • @Robb: Duhai Hambaku yang-Ku Sayang.....Apakah engkau pernah merasakan cemburu.
  • @Hamba: Benar ya Robb....hamba pernah merasakan cemburu....
  • @Robb: Bagaimanakah rasanya cemburu
  • @Hamba: Sunggung menyakitkan ya Robb...
  • @Robb: Dan Akupun pernah cemburu padamu, disaat engkau lebih mencintai makhluk-Ku dari pada Aku yang telah menciptakanmu dan memberikan rizki kepadamu.....
  • @Hamba: Apakah Artinya Engkau sayang padaku ya Robb.
  • @Robb: Aku sayang padamu....oleh karena itu pada hari ini Ku kembalikan hatimu kepada-Ku...
  • @Hamba: Sesungguhnya Cinta dan Kasih sayang-Mu lah yang ku harapkan.
  • @Robb: Duhai Hambaku....Ingatkah ketika engkau berdoa kepadaku, dengan pengharapan yang penuh harap, dan linangan air mata ditengah malam yang sunyi...
  • @Hamba: Benar ya Robb hamba-Mu ini pernah memohon kepada-Mu ”Ya Robb...Berikan hambamu ini kebaikan di dunia dan di akhirat.....”
  • @Robb: Maka pada hari ini telah ku kabulkan do’amu. Aku luaskan dadamu, dan Aku bukakan mata hatimu, ku berikan yang terbaik dalam jalan hidupmu....Karena Aku yang menciptakanmu dan Aku yang mengetahui hal ihwal engkau duhai hamba-Ku.
  • @Hamba: Tapi ini menyakitkan ya Robb.....
  • @Robb: Hamba-Ku “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Aku mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.”
  • @Hamba: Aku serahkan hidup dan matiku hanya untukmu Duhai Tuhanku....
  • @Robb: hambaku......Apakah engkau lahir di dunia ini dengan harta, tahta atau wanita!
  • @Hamba: Tidak ya Robb, hamba terlahir tanpa daya upaya dengan keadaan telanjang tanpa kemuliaan atau jabatan.
  • @Robb: Dan apa yang kau bawa ketika engkau menghadapku!
  • @Hamba: Yang ku bawa hanya Ridho dan Rahmat dari-Mu.
  • @Robb: Ketahuilah hambaku.....Cepat atau lambat semua yang Aku titipkan padamu akan Aku ambil, janganlah engkau berpegang pada dunia yang sering berubah, peganglah Aku yang Hidup dan tak Pernah Mati. Dan kusediakan nikmat yang keakal untukmu.
  • @Hamba: Apa itu ya Robb.......
  • @Robb: Telah ku ciptakan istana yang megah di surga, dalam istana itu ada beberapa bidadari yang suci dan elok telah menantimu, setiap bidadari mempunyai 1000 dayang yang melayaninya. Dan kau tak akan pernah merasakan sakit ataupun mati. Itu akan Aku berikan bila engkau Cinta pada-Ku
  • @Hamba: Ya Robb....Nikmat yang tebesar adalah ketika aku dapat melihat-Mu, dan nikmat terbesar yang kau berikan padaku di dunia ini adalah ketika aku asyik dengan keimanan kepada-Mu.
  • @Robb: Jangan bersedih dan gundah hamba-Ku...Aku ridho kepadamu....

Musibah di Negeri Islam


Mengapa gempa dan musibah2 sebagian besar menimpa daerah yang banyak penduduk muslimnya ?  Apakah Allah SWT sudah tidak suka kepada orang Islam?  Apakah maksiat hanya ada di Padang, Aceh, Sidoarjo, Bengkulu, Yogya ?  Di tempat lain apa tidak ada maksiat ?  Apanya yang salah ?  Islamnya yang salah atau pemeluknya yang salah ?  Begitulah pertanyaan2 yang muncul, wajar saja, namanya juga manusia, pastilah penasaran, kenapa begitu, kenapa begini…

Sebetulnya musibah2 itu ada juga di daerah yang non muslim.  Just about the same lah… Amerika juga sering terkena badai, selandia Baru juga barusan terkena musibah.  Tapi memang Indonesia kayaknya lebih banyak, kenapa ?  Nggak usah berburuk sangka, kepada Tuhan.  Setiap musibah itu pastilah ada hikmahnya.  Kadang apa yang kita benci itu ternyata baik di sisi Tuhan.  Dan, apa yang kita sayang itu ternyata buruk di sisi Tuhan.

Masih ingat kisah Nabi Yunus as ‘kan ?  Yunus as lari dari umatnya yang bandel.  Lari dari dakwah.  Ia ikut menumpang kapal yang sebetulnya sudah over load.  Pada awalnya laut itu tenang. tetapi di tengah laut, tiba2 kapal yang ditumpanginya oleng dimainkan ombak.  Kapten kapal terpaksa mengundi siapa yang harus dilemparkan ke laut.  Setelah diundi, ternyata keluar Nama Yunus as.  Karena kasihan kepada Yunus as.  Kapten kapal itu pun mengundi lagi, eh keluar lagi nama Nabi Yunus as.  Diundi lagi untuk yang ketiga kalinya, Nabi Yunus as lagi yang keluar.

Akhirnya secara sukarela Yunus as menceburkan dirinya ke laut.  Laut pun menjadi tenang kembali. Dan kapal berlayar lagi.  Sementara Yunus as dimakan oleh ikan paus.  Yunus sadar akan kelakuannya yang meninggalkan kaumnya yang sedang sesat menyembah berhala.  Akhirnya dia berdoa/ berdzikir kepada Allah SWT.  Kalau saja dia tidak berdzikir, maka ia akan berada di dalamikan paus itu smpai hari kiamat.

Laa ilaha illa anta Subhanaka inni kuntu minadz dzolimin….  Tidak ada Tuhan selain engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku ini termasuk orang yang dzolim.

Maka Yunus as pun dimuntahkan oleh ikan paus itu di daerah tempat kaumnya yang sudah ditinggalkan itu.  kemudian ia berdakwah sehingga kaumnya menjadi orang2 yang beriman dan bertakwa.  Akibat dari ketaqwaan kaumnya itu, maka Allah limpahkan rezeki dengan kehiduoan yang baik kepada Nabi Yunus dan kaumnya itu hingga masa yang telah ditentukan.

Melihat kejadian itu, pada waktu kejadian itu, mungkin penumpang lain bertanya2, kenapa Yunus as yang terkenal baik itu yang dilemparkan ke laut.  Ah… jangan2 Yunus itu orang yang sok suci saja, sehingga perlu dikasih pelajaran oleh Allah SWT.  Ternyata Allah SWT mempunyai maksud lain.  Kejadian dimakan ipan paus itu justru untuk memuliakan Nabi Yunus as.  Sampai hari kiamat, nama Nabi Yunus ini akan dikenang orang, karena ia ada di dalam Al Quran, Di surat Yunus, surat Al Anbiya, dan Surat Ash Shaffaat.

Mengapa yang dilempar ke laut Yunus as, Mengapa bukan orang lain ?  Apakah Yunus as adalah orang yang paling berdosa ?

Pertanyaan2 seperti itu juga muncul saat musibah menimpa Aceh, Padang, Yogya DLL.  Mungkin Tuhan punya maksud dan rencana lain yang kita tidak tahu, sebagaimana Tuhan telah buat rencana untuk Yunus as.  Doa Nabi Yunus as itu sangat baik dibaca oleh setiap kita yang setiap hari juga tidak luput dari dosa dan kesalahan.  Supaya Allah SWT tetap sayang kepada kita, maka minta ampunlah atas dosa2 yang pernah kita perbuat.

Umat Islam akhir2 ini juga tidak terlepas dari musibah2 yang datang silih berganti.  Kiranya doa nabi yunus as itu sangat baik kita amalkan setiap hari.  Orang2 Islam yang tidak mau berdakwah akan mengalami seperti halnya Nabi Yunus as yang tidak mau berdakwah kepada umatnya.

Kita sudah tahu bahwa tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad saw.  Maka tugas dakwah itu terletak dipundak orang Islam.  Jika orang Islam tidak mau dakwah, maka yang akan dakwah adalah umat agama lain atau antek2 Dajjal.  Jangan salahkan agama lain yang aktif dakwah dengan menyebarkan kasih sayang.  Karena Umat Islam tidak mau dakwah, maka tugas dakwah itu diambil alih oleh umat lain.  Padahal Umat Islam sendiri sering mengklaim bahwa Islam agama yang terbaik, tetapi umat Islam tidak mau berdakwah.  Kalau ada yang berdakwah, bukannya dibantu malah diusir, diejek, dikatai jorok, kotor ini , itu dll., kalau sudah ada gempa dan musibah lain, sebetulnya Tuhan sedang menegur umat Islam sama ketika Tuhan menegur Nabi Yunus.

Nabi Yunus as lari dari dakwah, maka ia mengakui bahwa ia zalim.  Umat Islam yang tidak mau berdakwah berarti juga zalim.  Yang menghalang2i dakwah berarti yang paling zalim…
Semoga kita dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa kita….

Penyebab Rusaknya Hati


Seorang Zahid besar abad ke II hijriah yag namanya mungkin sering kita dengar yaitu Imam Hasan al-Bashri pernah menjelaskan kepada para muridnya, Kata beliau, ada beberapa penyebab, kenapa hati manusia bisa rusak, jiwa manusia bisa kotor, bahkan iman mereka menjadi hancur berantakan.

1. يُذْنِبُوْنَ بِرَجَاءِ التَوْبَةِ (mereka berbuat dosa sambil mengharap (mengandalkan) taubat). Orang seperti ini ketika berbuat dosa selalu memiliki perasaan: “aaah sudahlah, tidak ada manusia yang tidak punya dosa,,,,, manusia itukan tempatnya salah dan dosa,,,,, toh dosa yang saya lakukan Cuma dosa kecil kok,,,,, alaah nanti juga bisa taubat,,,,, Allah kan Maha pengampun,,,,, dosa sebesar apapun pasti akan diampuni,,,,,”. Saudaraku, sepintas pernyataan seperti ini kelihatannya benar, tapi kalau kita lihat lebih jauh ternyata besar dan fatal sekali kesalahan yang telah kita lakukan. Mungkin banyak tidak sadar bahwa perasaan seperti inilah yang akan bisa menghancurkan hati manusia, bisikan bisikan semacam ini yang bisa merusak jiwa kita semua. Dan lebih dari itu, pada hakikatnya ia telah terjebak dan terjatuh kedalam dua kesalahan sekaligus, Kesalahan pertama, karena ia telah meremehkan dosa dan kesalahan kedua, karena ia menunda nunda taubat. Padahal kata Nabi, dosa kecil yang kita tumpuk tumpuk secara sadar, akan berubah menjadi dosa besar yang tanpa kita sadar.

2. وَيَتَعَلَّمُوْنَ اْلعِلْم وَََلا يَعْمَلُوْنَ (mereka menuntut ilmu tapi ilmu dan pengetahuan tidak diamalkan). Ilmu yang seharusnya kita sebarkan untuk kepentingan orang banyak tapi justru malah kita sembunyikan. Ilmu yang seharusnya dimanfaatkan untuk membimbing orang yang bodoh, tapi justru kita gunakan uantuk membodohi orang yang memang sudah bodoh. Keadaan yang serba gelap seharusnya bisa jadi terang dengan keberadaan orang yang mempunyai ilmu, namun sebaliknya, ia justru membuat keadaan bertambah gelap dan pekat. secara jujur saya berani berkata, bahwa kita memang butuh kehadiran orang orang yang memiliki intelektualitas yang sangat tinggi, kita butuh keberadaan orang orang pintar yang idenya cemerlang, yang ilmunya luas, yang wawasannya jauh kedepan, tapi pertanyaanya, buat apa keluasan ilmu yang kita miliki itu kalau tidak bisa kita amalkan, untuk apa bergudang gudang pengetahuan yang kita punyai tapi tidak dapat memberikan manfaat bagi kehidupan..

3. وَاِذَا عمِلُوا لا يُخْلِصُوْنَ (dan apabila beramal tidak dilandasi keikhlasan). Penyebab rusaknya hati yang paling banyak kita lakukan adalah ketidak ikhlasan, padahal ikhlas adalah salah satu syarat utama diterimanya amal ibadah kita.


4. ويَأْكُلُوْنَ رِزْقَ اللهِ وَلاَ يَشْكُرُوْنَ (dan mereka mememakan rizqi Allah namun tidak mau bersyukur)

5. وَمَا يَرْضَوْنَ بِقِسْمَةِ اللِه (dan tidak ridho dengan pembagian Allah)

6. وَيَدْفَنُوْنَ مَوْتَىهُمْ وَلاَ يَعْتَبِرُوْنَYang terakir kata Imam Hasan al-bashri, hati kita bisa rusak kalau kita : “ kita kuburkan mayat saudara kita, kita usung jenazah teman kita, tapi kita tidak mampu mengambil pelajaran dari kematian itu “. Padahal 14 abad yang lalu Nabi telah mengingatkan : كَفََى بِالْمَوْتِ َواعِظًاCukuplah kematian itu mejadi nasehat buat kita semua”. Jadi ketika ada saudara kita yang meninggal dunia, ada tetangga kita yang dipanggil kehadirat Allah, disitu pasti ada nasehat, Pasti Allah hendak memberikan pelajaran buat orang orang disekitarnya. Yang harus kita cari dan kita tanyakan adalah “ Apa nasihat yang terkandung dalam kematian itu ? “ Lewat kematian saudara kita, Allah seakan akan berpesan :

“Hai manusia, kalau hari ini engkau saksikan saudaramu terbaring diatas ranjang tidak berdaya, engkaupun pasti akan mengalaminya. Kalau hari ini engkau lihat saudaramu terbujur kaku dialam kubur, sadarlah bahwa besok atau lusa, engkaupun pasti akan segera menyusulnya, dunia fana ini akan kau tinggalkan, anak istri dirumah Cuma bisa menangis dan menangis, rumahmu nan mewah, hartamu yang berlimpah, dan villamu yang berdiri megah, semuanya Cuma akan jadi rebutan. Hai manusia jangan sombong, hidupmu pasti akan berakhir, disana ada alam baru yang akan menantimu, kalau baik amalmu didunia ini, baik pula balasannya di akhirat nanti,,,,, “.

Semoga renungan kali ini bisa membawa manfaat buat kita semua, agar kita bisa mengambil langkah langkah antisipatif untuyk bisa terhindar dari ke 6 perkara tersebut diatas…..

Al-Qur'an sebagai Pembela


Abu Umamah r.a. berkata : "Rasulullah S.A.W telah menganjurkan supaya kami semua mempelajari Al-Qur'an, setelah itu Rasulullah S.A.W memberitahu tentang kelebihan Al-Qur'an."
Telah bersabda Rasulullah S.A.W : Belajarlah kamu akan Al-Qur'an, di akhirat nanti dia akan datang kepada ahli-ahlinya, yang mana di kala itu orang sangat memerlukannya."
Ia akan datang dalam bentuk seindah-indahnya dan ia bertanya, " Kenalkah kamu kepadaku?" Maka orang yang pernah membaca akan menjawab : "Siapakah kamu?"



Maka berkata Al-Qur'an : "Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, dan juga telah bangun malam untukku dan kamu juga pernah membacaku di waktu siang hari."
Kemudian berkata orang yang pernah membaca Al-Qur'an itu : "Apakah kamu Al-Qur'an?" Lalu Al-Qur'an mengakui dan menuntun orang yang pernah membaca mengadap Allah S.W.T. Lalu orang itu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kirinya, kemudian dia meletakkan mahkota di atas kepalanya.
Pada kedua ayah dan ibunya pula yang muslim diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda, sehingga keduanya bertanya : "Dari manakah kami memperolehi ini semua, pada hal amal kami tidak sebanyak ini?"

Lalu dijawab : "Kamu diberi ini semua kerana anak kamu telah mempelajari Al-Qur'an."

10 Sholat Tidak Diterima


Rasulullah S.A.W. telah bersabda yang bermaksud : "Barang siapa yang memelihara solat, maka solat itu sebagai cahaya baginya, petunjuk dan jalan selamat dan barangsiapa yang tidak memelihara solat, maka sesungguhnya solat itu tidak menjadi cahaya, dan tidak juga menjadi petunjuk dan jalan selamat baginya." (Tabyinul Mahaarim)
Rasulullah S.A.W telah bersabda bahwa : "10 orang solatnya tidak diterima oleh Allah S.W.T, antaranya :
  1. Orang yang solat sendirian tanpa membaca sesuatu.
  2. Orang yang mengerjakan solat tetapi tidak mengeluarkan zakat.
  3. Orang yang menjadi imam, padahal orang yang menjadi makmum membencinya.
  4. Orang yang melarikan diri.
  5. Orang yang minum arak tanpa mau meninggalkannya (Taubat).
  6. Orang perempuan yang suaminya marah kepadanya.
  7. Orang perempuan yang mengerjakan solat tanpa memakai tudung.
  8. Imam atau pemimpin yang sombong dan zalim menganiaya.
  9. Orang-orang yang suka makan riba'.
  10. Orang yang solatnya tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan yang keji dan mungkar."
Sabda Rasulullah S.A.W yang bermaksud : "Barang siapa yang solatnya itu tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan keji dan mungkar, maka sesungguhnya solatnya itu hanya menambahkan kemurkaan Allah S.W.T dan jauh dari Allah."
Hassan r.a berkata : "Kalau solat kamu itu tidak dapat menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan keji, maka sesungguhnya kamu dianggap orang yang tidak mengerjakan solat. Dan pada hari kiamat nanti solatmu itu akan dilemparkan ke arah mukamu seperti satu bungkusan kain tebal yang buruk."
 
Support : Copyright © 2015. Putra Martapura Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by M. Firdaus Habibi
.comment-content a {display: none;} -->